Bagaimana Hikmah Yang Kalian Dapatkan Dari Politik Yang Terjadi di Singasari Bandingkan Dengan Kondisi Politik di Indonesia Pada Masa ini

Daftar Isi

Kuncijawaban.idBagaimana Hikmah Yang Kalian Dapatkan Dari Politik Yang Terjadi di Singasari Bandingkan Dengan Kondisi Politik di Indonesia Pada Masa Ini. Sejarah politik Indonesia telah mengalami transformasi yang signifikan dari zaman Kerajaan Singhasari hingga masa kini. Pada masa Kerajaan Singhasari, politik yang dominan adalah politik dinasti. Ini adalah sistem di mana penerus tahta harus berasal dari keturunan raja, yang bisa berupa anak kandung, cucu, kerabat dekat, atau menantu. Raja dianggap sebagai satu-satunya penguasa yang memiliki kekuasaan mutlak.

Politik dinasti di Kerajaan Singhasari sering memicu persaingan di antara anggota keluarga kerajaan sendiri. Selain itu, terdapat juga perebutan wilayah kekuasaan dari luar kerajaan yang turut menyebabkan terjadinya konflik, baik dalam bentuk perang saudara maupun perang antar kerajaan.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Indonesia telah beralih ke sistem politik demokrasi. Demokrasi memberikan wewenang kepada rakyat untuk menentukan pilihan politik mereka sendiri. Mereka memiliki hak untuk memilih pemimpin mereka melalui proses pemilihan umum.

Di dalam politik demokrasi, pendapat dan keinginan rakyat menjadi sangat penting. Sistem ini tidak terikat oleh kekuasaan keluarga seperti pada zaman kerajaan. Pemimpin negara dan perwakilan rakyat di parlemen dipilih secara langsung oleh rakyat dalam pemilu.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa Indonesia telah mengalami perubahan yang signifikan dalam sistem politiknya, dari politik dinasti yang didasarkan pada keturunan raja menuju kepada politik demokrasi yang memberikan kekuasaan kepada rakyat. Transformasi ini mencerminkan evolusi politik yang terus berlangsung di Indonesia, dari masa lalu yang kaya akan sejarah kerajaan hingga masa kini yang didasarkan pada prinsip-prinsip demokrasi modern.

Jawaban Dari Bagaimana Hikmah Yang Kalian Dapatkan Dari Politik Yang Terjadi di Singasari Bandingkan Dengan Kondisi Politik di Indonesia Pada Masa ini

Hikmah dari politik yang terjadi di Singhasari dibandingkan dengan kondisi politik di Indonesia pada masa sekarang:

  • Politik kerajaan banyak terjadi ekspansi (perluasan) kerajaan. Banyak terjadi perang antar kerajaan untuk memperebutkan wilayah kekuasaan. Berbeda dengan Indonesia kini berupa negara kesatuan yang terdapat provinsi-provinsi yang memiliki pemerintahan daerah. Tidak ada perang dengan tujuan perebutan wilayah kekuasaan.
  • Politik demokrasi yang dijalankan Indonesia merupakan yang terbaik. Hal ini karena negara yang berasaskan demokrasi cenderung bisa lebih adil dengan rakyak dapat memilih pemimpinnya sendiri. Sedangkan yang terjadi di Singhasari menganu sistem dinasti kerajaan banyak terjadi perebutan kekuasaan antara keluarga kerajaan sendiri.

Posting Komentar