Kegiatan 20 Temukan Inspirasi Karya Senimu, Seni Rupa Kelas 1 SD
Daftar Isi
Berikut adalah kunci jawaban Kegiatan 20 Temukan Inspirasi Karya Senimu, Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat guru, Apakah Sahabat Guru sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 20 Temukan Inspirasi Karya Senimu, Seni Rupa Kelas 1 SD? Namun sebelumnya Sahabat Guru bisa menyanyakan hal berikut Liburan telah tiba! Ayo kita berkreasi menggunakan bahan yang ada. Carilah ide dari lingkungan sekitar tempat kamu berlibur. Kamu dapat mengajak keluarga dan temanmu untuk berkreasi bersama.
Kegiatan 20 Temukan Inspirasi Karya Senimu
Elemen Dan Sub-Elemen Capaian
Merefleksikan
R.1 Menghargai dan memahami
pengalaman estetik dan
pembelajaran artistik.
R.2 Mengamati, memberikan
penilaian dan membuat
hubungan antara karya pribadi
dan orang lain sebagai bagian
dari proses berpikir tingkat
tinggi dan bekerja artistik.
Berdampak
D.1 Memilih, menganalisa
dan menghasilkan karya yang
berdampak pada pembentukan
karakter dan kepribadian diri
sendiri maupun orang lain.
Profil Pelajar Pancasila
- Kreatif: Menghasilkan gagasan yang orisinal: Saya dapat menghubungkan gagasangagasan yang ada dalam merespon dan membuat karya seni, Saya mencari inspirasi untuk membantu memunculkan ide-ide saya sendiri.
- Kreatif: Menghasilkan karya dan tindakan yang original: Saya merencanakan, membuat sketsa, dan memikirkan tentang apa yang akan saya lakukan sebelum saya mulai membuat karya seni baru.
Tujuan Pembelajaran Kegiatan 20
- Siswa mengenal dan dapat menggunakan kosakata: Mixed Media (Media Campuran).
- Siswa mampu menuangkan pengalaman, pengamatan atau hasil tiruan bentuk ke dalam karya.
- Siswa mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajarinya untuk membuat karya berdasarkan minat atau ketersediaan bahan di sekitarnya.
Alat Bahan
- Kertas/ kanvas/ kaos/ sepatu dll.
- Alat pewarna yang diminati atau yang sesuai dengan media yang digunakan.
Eksplorasi
- Ajak siswa untuk memilih 1-5 karya terbaiknya pada tahun ajaran ini. Minta mereka untuk mengisi lembar penilaian diri yang sudah anda siapkan (lihat panduan umum bagian C.3.2).
- Diskusikan dengan siswa mengenai kegiatan yang paling mereka sukai dan mengapa mereka menyukainya?
- Diskusikan juga mengenai perkembangan pengetahuan dan keterampilan seni rupa mereka. Apa saja hal baru yang kini mereka mulai atau sudah kuasai lebih baik dari sebelumnya? Ceritakan juga mengenai perkembangan pengetahuan dan keterampilan seni rupa anda kepada mereka. Apresiasi diri anda dan mereka untuk semua pencapaian dan kerja keras anda bersama di tahun ajaran ini.
Aktivitas
- Siswa membuat rencana karya seni rupa yang ingin mereka buat selama masa liburan sekolah. Mereka akan membuat gambar rencana pada buku gambar mereka. Mereka dapat menambahkan keterangan bahan, warna atau teknik yang akan mereka gunakan. Jika siswa belum lancar menulis, minta mereka menceritakannya secara lisan.
- Anda dapat menunjukkan atau menyampaikan gagasan contoh-contoh karya yang dapat dibuat selama liburan seperti membuat kartu ucapan, komik, lukisan, patung dengan menggunakan bahan daur ulang atau membuat bentuk-bentuk dari adonan kue misalnya. Ajak mereka untuk mencari ide unik dengan memanfaatkan bahan yang tersedia di sekitar mereka.
Pengayaan
Siswa dapat membuat Enikki, buku harian bergambar untuk
menceritakan keseharian mereka selama liburan. Jika
dimungkinkan, guru dan siswa bisa merencanakan kunjungan
ke museum seni rupa atau studio seorang seniman seni rupa
di daerah masing-masing
Berpikir & Bekerja Artistik
Diskusi dan apresiasi: Siswa memilih karya terbaiknya untuk
dibawa pulang atau disimpan/didisplay di sekolah. Guru dapat
membuat Hari Penghargaan Seni bagi siswa.
Pertanyaan esensial
- Apa saja kegiatan seni yang sudah kita lakukan tahun ini?
- Apa kegiatan seni rupa yang paling kamu sukai tahun ini? Apa yang paling kamu sukai dari kegiatan tersebut?
- Apa kegiatan seni rupa yang paling tidak kamu sukai tahun ini? Apa yang membuatmu tidak menyukainya? Apakah kegiatan itu terlalu sulit atau terlalu mudah?
- Apa keahlian baru yang kamu kuasai dalam seni rupa?
Posting Komentar