Kegiatan 19 Keindahan Dedaunan, Seni Rupa Kelas 1 SD

Daftar Isi
Kegiatan 19 Keindahan Dedaunan, Seni Rupa Kelas 1 SD

Kegiatan 19 Keindahan Dedaunan, Seni Rupa Kelas 1 SD - Halo sahabat guru, Apakah Sahabat Guru sudah siap untuk mengajarkan Kegiatan 19 Keindahan Dedaunan, Seni Rupa Kelas 1 SD?

Kegiatan 19 Keindahan Dedaunan

Elemen Dan Sub-Elemen Capaian 

Mengalami 

A.2 Eksplorasi aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses. 

Menciptakan 

C.1 Menggunakan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses dengan keterampilan, kemandirian dan keluwesan yang makin meningkat untuk menciptakan atau mengembangkan karyanya. 

Berpikir dan Bekerja Artistik 

BBA.1 Menghasilkan, mengembangkan, menciptakan, mereka ulang/merekonstruksi dan mengkomunikasikan ide dengan menggunakan dan menghubungkan hasil proses Mengalami, Menciptakan dan Merefleksikan.

Profil Pelajar Pancasila 

Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia : Akhlak kepada alam; Saya memiliki rasa tanggung jawab terhadap lingkungan alam sekitar; Saya ikut berperan dalam menjaga dan melestarikan alam sebagai ciptaan Tuhan.

Tujuan Pembelajaran Kegiatan 19 

  • Siswa memahami perbedaan antara bentuk natural dan bentuk buatan manusia. 
  • Siswa mampu menuangkan pengalaman, pengamatan atau hasil imitasi bentuk ke dalam karya. 
  • Siswa mampu membuat karya cetak dengan menggunakan pewarna basah dan bentuk natural dari dedaunan yang mereka pilih.

Alat Bahan

  • Kertas 
  • Daun aneka bentuk 
  • Alat pewarna basah (cat air, cat poster, pewarna makanan, pewarna alami)

Eksplorasi 

  1. Siapkan siswa sejak pekan sebelumnya agar mereka membawa 3-4 helai daun yang berbeda jenis atau ukuran. Siapkan juga siswa agar membawa celemek/jas hujan plastik atau kaos bekas untuk menjaga kebersihan seragam mereka. 
  2. Persiapkan siswa untuk bekerja dengan pewarna basah. Jelaskan karakteristik pewarna yang akan digunakan (lihat bagian pengenalan alat dan bahan di bagian awal panduan khusus). Siapkan akses pada air untuk kegiatan membersihkan diri setelah kegiatan. 
  3. Siswa akan mengamati bentuk dan ukuran daun yang dibawanya. Mereka diberikan waktu untuk mengatur komposisi daunnya dan memutuskan warna yang akan digunakan.

Aktivitas 

  1. Siswa akan mengatur komposisi atau tata letak daun pada kertasnya. 
  2. Setelah menentukan komposisi atau tata letak daun pada kertas, siswa akan mewarnai daun dengan menggunakan pewarna basah. Untuk cat, siswa dapat menggunakan kuas. Cat cukup digunakan sebesar ibu jari dan dioleskan tipistipis saja. Untuk pewarna makanan atau pewarna alami, dapat diteteskan sedikit saja pada cawan/piring/mangkuk. Pegang ujung daun, kemudian tempelkan satu sisi daun pada pewarna. Setelah itu, segera tempelkan dan tekan daun dengan lembut pada kertas. Angkat cepat agar tidak bergeser. 
  3. Sehelai daun dapat digunakan lebih dari sekali. Jika ingin menggunakan warna yang berbeda, sebaiknya daun tersebut dilap terlebih dahulu menggunakan lap basah kemudian lap kering.

Pengayaan

Siswa dapat menggunakan teknik airbrush sederhana dengan menggunakan cairan pewarna makanan/cat air. Siswa akan mengatur letak daunnya kemudian mereka memerciki kertas dengan pewarna. Siswa menggosokkan sikat gigi yang telah dicelupkan pada pewarna pada sisir. Siswa juga dapat menggosokkan ibu jari pada kuas/ sikat gigi yang telah dicelup pewarna untuk memercik. Setelah percikan kering dan daun diangkat, mereka akan mendapatkan bentuk daun tersebut.

Berpikir & Bekerja Artistik 

Kosa Kata: Cap, Stempel, Cetak/Print Gallery walk: Display hasil karya siswa dan berikan kesempatan mereka untuk saling memberikan umpan balik atau pertanyaan. 

Pertanyaan esensial

  • Apa nama daun yang kamu petik? Apa karakteristik daun ini yang menarik perhatianmu? 
  • Bagaimana cara kamu memetik daun tersebut?

Keindahan Dedaunan

Ecoprint adalah teknik memberi pola pada bahan atau kain menggunakan bahan alami. Alat yang dibutuhkan adalah botol kaca untuk mengetuk (bisa juga diganti palu atau batu), kertas koran sebagai alas, dan ember

Bahan yang dibutuhkan adalah kain serat alami, daun-daunan dan bunga aneka warna, dan tawas. Bertanyalah terlebih dahulu pada pedagang kain ketika membeli agar kain tersebut benarbenar berasal dari serat alami. Pilih daun dan bunga yang masih segar, sebaiknya tidak terlalu tebal agar airnya mudah keluar.

Gunakan kertas koran sebagai alas agar lantai tidak kotor, kemudian kain digelar di atasnya. Letakkan daun yang anda pilih di atas kain. Posisi yang disarankan adalah tulang daun (bagian bawah daun) bersentuhan dengan kain.

Letakkan daun di atas kain. Jika ingin memunculkan efek cermin, maka lipatlah kain menutupi daun. Pola akan tambah pada bagian kain di bawah daun dan di atas daun. Namun, apabila hanya ingin di satu sisi, gunakan potongan kain lain untuk menutupi daun sebelum diketuk agar pola terbentuk dengan baik.


Tahap selanjutnya adalah mengetuk daun. Perhatikan ketukan sampai air pada daun keluar dan membentuk pola serupa bentuk daun. Ketuk secara teratur sampai seluruh bagian daun mengeluarkan air. Semakin rata ketukan dan semakin ditekan, maka warna yang dihasilkan akan semakin baik.




Ketuk daun dengan botol. Setelah satu daun sudah jadi, buka kembali lipatan kain. Lakukan berulang kali sampai seluruh pola daun dan kain dibuat. Pada pola yang sudah selesai diketuk, daun dan bunga bisa dilepas 15 menit setelah selesai diketuk. Lepaskan daun perlahan-lahan


Supaya warna benar-benar menyerap pada kain, diamkan selama satu jam dengan kondisi seluruh daun sudah dilepas. Hasil yang lebih baik dapat diperoleh apabila kain didiamkan 1-3 hari. Tahap selanjutnya adalah finalisasi dengan membilas kain. Kain dibilas pada air yang dicampur tawas. Tidak perlu diperas, langsung dijemur. Setelah kering, rendam lagi dengan air tawas selama satu jam, kemudian jemur.


Penutup

Demikanlah pembahasan mengenai Kegiatan 19 Keindahan Dedaunan, Seni Rupa Kelas 1 SD yang dapat kuncijawaban.id bagikan untuk sahabat guru merdeka sekalian. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar